14 April 2024

Walikota Tomohon: Pokta Berperan Tingkatkan Ekonomi Petani

1 min read
Koptan Pinaras
Walikota mengukuhan pengurus Poktan Kitanam Pinaras.

KANALMETRO, TOMOHON – Walikota Tomohon Caroll Senduk mengatakan bahwa Kelompot Tani (Poktan) memiliki peran penting dalam meningkatan ekonomi para petani.

Hal itu dikatakan Senduk dalam pengukuhan Kelompok Tani (Poktan) Kitaman, Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan, Rabu (7/7/2021).

“Karena Poktan memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi para petani, maka secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di Tomohon,” kata Senduk.

Sehingga diharapkannya Poktan harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi yang memfasilitasi serta memperjuangkan kepentingan petani.

Karena tujuan utama Poktan adalah tercapainya kesejahteraan petani dan terciptanya kedaulatan pangan.

Baca juga: Senduk: Pertanian Tomohon Andalan Perekonomian Sulut

Apalagi menurut Senduk pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas, termasuk kota tomohon yang menetapkan sebagai salah satu sektor unggulan.

Dimana pertanian mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah.

“Masih banyak lahan tidur di Tomohon yang belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Sehingga dalam pengelolaan lahan pertanian harus paham dan menyesuaikan dengan berbagai ketersediaan teknologi,” pungkasnya yang usai itu melakukan peninjauan pembuatan gula aren.

Latest from Same Tags