29 March 2024

/

6008 Polisi Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Sulut

2 mins read
Apel Pasukan Polda Sulut
Apel gelar pasukan jajaran Polda Sulut (ist)

KANALMETRO, SULUT – Setidaknya 6008 personel Polisi siap amankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Sulawesi Utara (Sulut). Jumlah itu terdiri dari 1900 personel Polda serta 4108 pesonel Polresta dan Polres se Sulut.

Dimana jumlah personel itu akan dilibatkan dalam Operasi Lilin Samrat 2021. Dan untuk memantapkan soal pengamanan Natal dan Tahun Baru serta operasi Lilin Samrat dilaksanakan apel gelar pasukan di lapangan SPN Karombasan, Kamis (23/12/2021).

Apel dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta dihadiri Kapolda Irjen Pol Mulyatno bersama Forkopimda. Kesempatan itu Gubernur membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri berharap pelaksanaan apel gelar pasukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Kapolri juga menyampaikan pesan bahwa pengamanan kali ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Sehingga cenderung meremehkan dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sehingga Kapolres meminta agar harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Selain itu ditekankan juga beberapa hal sebagai pedoman dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Seperti kesiapan mental dan fisik serta kesehatan, lakukan deteksi dini, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Bukan saja itu, namaun dalam pelaksanakan pengamanan dilakukan secara profesional dan humanis, penegakan hukum secara profesional dan proporsional, mantapkan kerjasama dan sinergi, serta tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat..

Sementara Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast menjelaskan bahwa operasi lilin dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Dimana operasi akan dimulai (24/12/2021) hingga (2/1/2022) atau selama 10 hari.

Dikatakannya pula bahwa personel Polisi yang akan amankan Natal dan Tahun Baru di Sulut akan ditugaskan pada sejumlah titik pengamanan. Seperti di Gereja, Terminal, Pelabuhan, Bandara, Pusat Perbelanjaan, Objek Wisata dan titik pergantian tahun.

Latest from Same Tags