20 April 2024

/

Dispar Bitung Fokus Perbaikan Destinasi Wisata

1 min read
TWA Batu Angus Bitung
TWA Batu Angus merupakan salah satu destinasi wisata yang akan dilakukan perbaikan oleh Dispar Kota Bitung

KANALMETRO, BITUNG – Karena ikut tedampak Pandemi Covid-19, membuat Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bitung saat ini akan fokus dalam melakukan perbaikan destinasi wisata.

Itu dikarekan sektor Pariwisata menjadi salah satu sektor andalan kota Bitung, selain perikanan.  Karena ketika kunjungan wisatawan asing anjlok, ikut mempengaruhi warga yang menggantungkan hidup dari pariwisata.

“Kami akan membenahi infrastruktur di sejumlah destinasi wisata, namun yang diutamakan pada kawasan pesisir Selat Lembeh, kata Kepala Dispar Kota Bitung Pingkan Kapoh, Senin (10/1/2022).

Apalagi menurutnya, pihaknya kini mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk membangun berbagai fasilitas dan penunjang pariwisata di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus, Kelurahan Kasawari, Kecamatan Aertembaga.

Dimana melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022, Pemerintah Pusat akan mengucurkan dana Rp 17,4 miliar untuk lokasi wisata tersebut. Hal itu untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi warga yang tinggal di sekitarnya.

“Ini kesempatan bagi kami untuk memperbaiki dan melengkapi fasilitas di destinasi wisata TWA Batu Angus yang ikut terdampak saat pandemic,” kata Kapoh.

Dikatakannya bahwa  selain memperindah, destinasi wisata juga harus  berstandar Cleanlines Healthy Safety and Environment (CHSE) atau bersih, sehat, aman dan ramah lingkungan.

Meskipun focus membangun TWA Batu Angus, Dispar akan tetap memperhatikan destinasi wisata lainnya, seperti TWA Tangkoko. Bahkan tahun ini, Dispar akan meluncurkan program  7 Kampung Wisata.

“ Kita berharap tujuh kampung wisata di Kota Bitung akan menjadi raw model   Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk bangkit dari pandemi,” pungkasnya.

Latest from Same Tags