29 March 2024

/

Bitung Terima DAK Kementerian Parekraf Rp 23 Miliar

2 mins read
Wisata Batu Angus Bitung
Kawasan Batu Angus merupakan salah satu potensi pariwisata yang menjadi andalan Kota Bitung (km-aan)

KANALMETRO, BITUNG – Sebagai bentuk topangan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi di Kota Bitung, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 23 Miliar.

Penyerahan DAK itu diserahkan langsung Menteri Parekraf Sandiaga Uno kepada Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar ketika melakukan kunjungan di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus, Rabu (16/2/2022).

Bahkan Bitung menjadi daerah yang diserahkan DAK Kementerian Parekraf secara khusus yakni langsung. Karena daerah lainnya hanya dilakukan secara virtual.

“Begitu memasuki kota Bitung, saya merasakan denyut nadi kebangkitan pariwisata dan ekonomi,” papar Sandiaga.

Berbagai pujian disampaikan Sandiaga terhadap Maurits Mantiri dan Honandar sebagai pemimpin Kota Bitung. Terlebih atas berbagai inovasi yang akan meningkatkan pariwisata dan ekonomi di Kota tersebut.

“Denyut nadi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif ada di kota Bitung. Keindahan alam, budaya dan sejarah menjadi modal utama. Kami dari Kementerian Pariwisata akan membantu memolesnya,” tukasnya.

Menurut Sandiaga, keindahan alam TWA Batu Angus merupakan anugerah Tuhan. Namun harus dirawat dan dijaga dengan baik.

“Kota Bitung termasuk paling banyak mendapatkan DAK tahun 2022, yakni Rp 23 Miliar. Untuk bangunan fisik sekitar Rp 17 Miliar, sedangkan non fisik Rp 6 Miliar,” jelas mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Sehingga menurutnya, fasilitas penunjang pariwisata di TWA Batu Angus tahun ini segera dibangun fasilitas kesehatan, mitigasi bencana serta outlet untuk ekonomi kreatif.

Sandiaga menerima cenderamata Kota Bitung dari Honandar (km-aan)

“Wisatawan manca negara atau lokal akan merasa aman saat berkunjung ke sini. Karana setelah pembangunan ini, TWA Batu Angus berstandar Cleanliness, Health, Safety, Environment sustainability (CHSE),”  kata Sandiaga.

Karena menurutnya geliat ekonomi bakal lebih bagus dengan pembangunan fasilitas wisata. Agar nantinya wisatawan tak perlu risau dengan kewajiban menjalankan protokol kesehatan.

“Kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif akan ditandai dengan kesejahteraan masyarakat serta pengurangan angka pengangguran,” pungkasnya. (aan)

Latest from Same Tags