20 April 2024

Tiga Kelurahan di Bitung Kebagian Program PTSL Tahun 2022

1 min read
Sertipikat Tanah PTSL Bitung 2022 (ist)
Ilustrasi (ist)

KANALMETRO, BITUNG – Ditahun 2022 ini, tiga Kelurahan yang ada di Kota Bitung kebagian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Kantor Pertanahan setempat.

Ketiga Kelurahan itu yakni Tandurusa, Girian Indah dan Pinokalan.

“Program PTSL tahun 2022 ini di Kota Bitung akan menerbitkan sekitar 850 sertipikat gratis pada tiga Kelurahan,” kata Kepala Kantor Pertanahan Kota Bitung Budi Tarigan, Jumat (8/4/2022).

Menurutnya hal itu juga merupakan bagian dari upaya permasalahan sengketa tanah hingga berimplikasi ke hukum yang kerap terjadi di Kota Bitung. Dan bisa menjadi penghambat upaya pemerintah setempat dalam program investasi.

Sehingga hal tersebut menurut Tarigan membuat pihaknya selaku penerbit Sertipikat tanah menjadi was – was.

Penyebab dari permasalahan itu terjadi dikarenakan banyaknya tumpang tindih sertipikat kepemilikan tanah dari masyarakat.

Hal itu terjadi dikarenakan beberapa hal, diantaranya belum adanya plotting dan pemetaan setelah terbit sertipikat pertama.

Dan kiranya lewat program PTSL ini, berbagai permasalahan itu bisa teratasi karena pihaknya akan melakukan plotting dan pemetaan.

Oleh karena itu dirinya mengajak kepada masyarakat yang ada di tiga kelurahan tersebut agar dapat memanfaatkan dengan sebaiknya akan program PTSL ini.

Jumpa Pers Kantor Pertahanan Bitung terkait program PTSL (km-aan)

Karena hingga saat ini baru ada 450 bidang yang didaftarkan. Sementara targetnya adalah 850. Sehingga masyarakat masih kurang antusias dalam menyambut program tersebut.

Padahal dijelaskannya bahwa masyarakat hanya perlu mengajukan permohonan penerbitan sertipikat di kantor Pertanahan Kota Bitung.

Dan dimintanya untuk tidak melalui perantara agar mencegah timbulnya berbagai biaya. Padahal program ini adalah gratis. (aan)

Latest from Same Tags