/

Jabat Ketua Bawaslu Sulut, Poluan: Jabatan Itu Hanya Simbol

1 min read
Kenly Poluan Ketua Bawaslu Sulut
Ketua Bawaslu Sulut Kenly Poluan (ist)

KANALMETRO, SULUT – Kenly Poluan mendapat kepercayaan untuk menjabat posisi Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggantikan Herwyn Malonda.

Hal itu guna mengantisipasi terjadi kekosongan karena Malonda sebagai Ketua sebelumnya telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu anggota Bawaslu Republik Indonesia (RI), Selasa (12/4/2022).

Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut Aldrin Arthur Christian ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa penetapan posisi Ketua terhadap Poluan dilakukan lewat rapat pleno.

Pleno tersebut dilaksanakan sehari sebelum Malonda dilantik sebagai salah sati pimpinan Bawaslu RI, Senin (11/4/2022).

Dimana pleno dihadiri oleh lima pimpinan Bawaslu Sulut yakni Malonda, Poluan, Mustarin Humagi, Awaludin Umbola dan Supriyadi Pangellu.

“Sesuai regulasi masa jabatan Bawaslu Sulut ini nanti akan berakhir September 2022 mendatang sehingga perlu ada pergantian posisi Ketua,” jelasnya.

Selain itu dikatakannya untuk Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Data yang sebelumnya dijabat Malonda digantikan Umbola selaku pelaksana tugas.

“Jabatan Ketua itu hanya simbol saja. Karena Bawaslu merupakan satu organisasi kelembagaan maka harus ada jabatan Ketua,” kata Poluan ketika dimintai keterangannya.

Namun menurutnya untuk setiap keputusan di Bawaslu harus melalui mekanisme kolektif kolegian.

“Banyak selamat untuk Ketua Herwyn Malonda yang telah dilantik oleh Presiden. Semoga amanah dalam jabatan barunya. Tongkat estafet ini akan kita emban sebagaimana mestinya sesuai aturan yang berlaku,” pungkas Poluan.

Latest from Same Tags