18 April 2024

Monumen dr Gyula Cseszko Pendiri RSD Liun Kendage Tahuna Diresmikan

1 min read
Monumen dr Gyula Cseszko
Gaghana usai meresmikan monumen dr Gyula Cseszko (foto Gerald Kobis)

KANALMETRO, SANGIHE – Monumen dr Gyula Cseszko yang merupakan pendiri Rumah Sakit Daerah (RSD) Liun Kendage Tahuna diresmikan Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, Selasa (10/5/2022).

Pendirian monumen dr Gyula Cseszko untuk menghormati jasa dan pengabiannya dalam bidang kesehatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang akhirnya mendirikan RSD Liun Kendage Tahuna.

Gaghana mengatakan kiranya kehadiran monumen itu, seluruh karyawan di RSD tersebut bisa meniru semangat dan menjadikan motivasi atas upaya yang pernah dilakukan Cseszko.

Terlebih menjadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Sangihe.

“Terima kasih karena telah mengingatkan kembali akan orang – orang yang pernah berbuat baik bagi daerah ini, terlebih khusus  di RSD Liun Kendage Tahuna,” kata Gaghana yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Melanchton Harry Wolff.

Sementara Direktur RSD Liun Kendage Tahuna dr Aprikorus Loris SpPD mengatakan dalam peresmian monumen itu dirangkaikan dengan perayaan Halal Bi Halal Idul Fitri 1443 H.

Dirinya pun berharap kegiatan itu menjadi ajang silaturahmi satu dengan yang lain, guna mempererat tali persaudaraan. Baik itu internal RSD Liun Kendage Tahuna dan Pemkab Sangihe maupun  dengan masyarakat.

Sekedar diketahui bahwa informasi yang diperoleh jika proses pembangunan Rumah Sakit di Kabupaten Kepulauan Sangihe oleh dr Gyula Cseszko yakni pada tahun 1933.

Ketika itu dr Gyula Cseszko bersama keluarganya datang ke Sangihe sebagai bagian dari misionaris terkait penginjilan.

Namun akhirnya dr Gyula Cseszko bersama istrinya dibunuh oleh pihak Jepang karena diduga keduanya merupakan mata – mata dari Sekutu Eropa.

Latest from Same Tags