29 March 2024

600 Masyarakat Minsel Dapat Sertifikat Tanah

1 min read
Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw
Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Jumat (16/9/2022). KM-Rio

KANALMETRO, SULUT – Setidaknya 600 masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mendapat sertifikat tanah secara sah dari Pemerintah yang diserahkan oleh Menteri Pertanahan Hadi Tjahyo.

Oleh karena itu Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw berharap kepada masyarakat Minsel yang mendapat sertifikat tanah tersebut bisa mempergunakan dengan sebaiknya.

“Pemberian sertifikat tanah itu merupakan sinergitas antara Pemprov Sulut dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN) dan Gugus Tugas Performa Agraria (GTRA) serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),” tukas Wakil Gubernur.

Sehingga menurut dia, perjuangan itu merupakan upaya dari Pemprov Sulut dalam meningkatkan perekonomian dan membawa masyarakat keluar dari kemiskinan.

“Jangan serta dapat sertifikat lalu dijual,” tegas Steven Kandouw di DPRD Sulut, Jumat (16/9/2022).

Steven Kandouw pun meminta pemerintah daerah dan instansi terkait agar dapat membantu masyarakat memanfaatkan mengolah tanah tersebut untuk meningkatkan perekonomian.

“Pemprov Sulut akan terus mendorong lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah berpuluh tahun tidak dimanfaatkan dan pajaknya kecil agar bisa didistribusikan kepada masyarakat. Kini Gugus tugas reformasi agraria sementara identifikasi tanah yang tidak dipergunakan,” pungkas dia.

Latest from Same Tags