24 February 2024

Menteri P3A RI Sharing Bersama Andikpas LPKA Tomohon

2 mins read
LPKA Tomohon
Menteri mendengar sharing dari salah satu Andikpas di LPKA Tomohon, Sabtu (19/11/2022). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Sabtu (19/11/2022), Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia Bintang Puspayoga melakukan kunjugan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Tomohon.

Dalam kunjungannya itu, Menteri P3A melakukan sharing dengan Anak Didikan Pemasyarakatan (Andikpas) yang ada di LPKA Kelas II Tomohon terkait pelayanan dan pendampingan.

Dalam sharing itu, seorang Andikpas menanyakan terkait apakah kita masih bisa menggapai cita-cita dengan status seperi saat ini.

Menteri menjelaskan aturan adanya pembatasan hak seperti memperoleh pekerjaan bagi para mantan warga binaan, membuat pihaknya akan berusaha sampaikan ke DPR. Sehingga nantinya tidak ada lagi pembatasan untuk para mantan Andikpas meraih cita-cita.

Kesempatan itu Menteri juga berkesempatan menyaksikan langsung pencanangan LPKA Kelas II Tomohon sebagai LPKA ramah anak. Selain itu Menteri P3A menyerahkan bantuan bagi Andikpas berupa peralatan sekolah dan perlengkapan olah raga.

Sementara itu Kepala LPKA Tomohon Hery Sulistyo mengapresiasi perhatian dari Kementerian P3A terlebih atas bantuan yang diberikan.

“Kami disini berupaya memberikan pelayanan yang layak kepada Andikpas sehingga mereka tidak berbeda dengan anak lain. Sehingga selain mereka mendapatkan pendampingan sebagai modal keterampilan bahkan pendidikan untuk bisa lebih baik nanti ketika kembali dimasyarakat,” terang Sulistyo.

Dia mengatakan pula bahwa salah satu penilaian sehingga masuk dalam pencanangan LPKA Ramah Anak yakni salah satunya terkait pemenuhan pendidikan.

Sehingga pihaknya menyediakan pendidikan formal selain non formal.  Sehingga para Andikpas setelah keluar bisa melanjutkan pendidikan atau bekerja sesuai cita-cita.

Ikut hadir Nahar selaku Deputi Pembinaan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kepala Dinas P3A Sulut dr Devy Tanos, Wali Kota Carol Senduk didampingi istri drg Jeand’arc Karundeng dan pegawai LPKA Tomohon.

Latest from Same Tags