19 April 2024

/

Jadwal Tol Laut Rute Sangihe Hanya Sampai April 2023

1 min read
Tol Laut Sangihe
Kapal yang melayani pelayanan rute Tol Laut saat berada di pelabuhan Tahuna, Sangihe. (foto dok kanalmetro)

KANALMETRO, SANGIHE – Untuk tahun 2023 ini, jadwal Tol Laut rute Kabupaten Kepulauan Sangihe berdasarkan jadwal dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia hanya sampai pada bulan April.

Bahkan menurut Sekretaris Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Fera Masora jika beberapa bulan ini rute kapal Tol Laut hanya dijadwalkan sebulan sekali.

Namun menurut Dia jika berdasarkan arahan Kemenhub RI pihaknya harus menyurat lagi ke Presiden RI kalau didaerah perbatasan ini masih membutuhkan Tol Laut sehingga mendapat penambahan anggaran untuk itu.

Karena dikatakan Fera Masora, kehadiran Tol Laut sangat membantu masyarakat di daerah tertinggal, terpencil dan terluar seperti di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hal itu lantaran kini stok barang penting dan lainnya di Sangihe selalu ada karena pelayanan Tol Laut.

Selain itu Dia menjelaskan bahwa akan pula terjadi perubahan rute pelayaran kapal tol laut H1. Dari sebelumnya hanya Surabaya – Makasar – Tahuna. Kini ditambah dengan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

“Alasan perubahan trayek ini karena anggaran di Kementerian Perhubungan Mimim di tahun ini,” pungkasnya, Selasa (24/1/2023).

Latest from Same Tags