10 December 2023

Harryanto Lasut Dinilai Layak Masuk Bursa Bakal Caleg Tomohon

2 mins read
Harryanto YS Lasut
Harryanto YS Lasut (foto: KM-Wailan)

KANALMETRO, TOMOHON – Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Harryanto YS Lasut dinilai layak untuk terjun ke dunia politik praktis dengan masuk sebagai salah satu bakal Calon Legislatif (Caleg) dalam Pemilu 2024.

Dr Steven Taroreh selaku akademisi Universitas Negeri Manado (Unima) menilai bahwa sesuatu yang lumrah jika Harryanto YS Lasut setelah melepas tanggung jawabnya di KPU Tomohon lantas masuk ke Partai Politik atau menjadi peserta dalam kontestasi politik sebagai bakal Caleg.

“Selain telah memiliki bekal pengetahuan, pemahaman dan pengalamannya guna terwujudnya Pemilu yang berkualitas dan berintegritas. Ketika Dia turun sebagai peserta bisa menjadi contoh pembelajaran yang baik,” tambah dosen pengajar di IPDN Sulut ini, Rabu (28/6/2023).

Apalagi menurut Dia, Harryanto Lasut telah menjalankan tugas selama dua periode sebagai komisioner KPU. Bahkan diperiode akhir sebagai Ketua. Dan itu akan menjadi energi positif tersendiri bagi partai yang nantinya Lasut berlabuh.

“Dia telah menjadi bagian dari suksesnya Kota Tomohon memperoleh predikat partisipasi tertinggi hingga ke skala nasional. Kalau bicara organisasi, tentu dirinya sudah sangat matang. Apalagi digenapi dengan latar belakang profesi sebagai dosen pengajar,” tambah lulusan Doktor Universitas Brawijaya Malang ini.

Akademisi Romi Mongdong menambahkan bahwa salah satu wujud pemberian diri Harryanto Lasut untuk Kota Tomohon telah dibuktikan selama 10 tahun bertugas sebagai Komisioner KPU.

Sehingga nantinya untuk visi dan misinya sudah jelas untuk kemajuan masyarakat dan kota Tomohon sendiri. Karena  Dia juga merupakan salah satu tokoh pejuang pembentukan Tomohon. Sehingga sudah pasti berkeinginan menjadikan Tomohon lebih baik.

Harryanto Lasut sendiri ketika dimintai tanggapannya masih enggan untuk memberikan komentar terkait hal itu.

Latest from Same Tags