20 May 2024

Noldie Lengkong Sosialisasikan Ranperda Pengelolaan Sampah ke Masyarakat Pinaras

1 min read
Noldie Lengkong
Anggota DPRD Tomohon, Noldie Lengkong

KANALMETRO, TOMOHON – Anggota DPRD Tomohon yang juga ketua Fraksi PDIP, Noldie Lengkong mengadakan sosialisasi rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat Pinaras pada Kamis (13/7/2023) bertempat di aula AAB.

Dipandu moderator pejabat fungsional Sekretariar DPRD Tomohon Ernie Palandi, dua narasumber yakni Anggota DPRD Noldie V Lengkong bersama Chintya Wongkar selaku perwakilan fraksi PDI Perjuangan di Komisi 3 DPRD Tomohon.

Dalam kesempatan tersebut, Lengkong menguraikan terkait sejumlah pasal yang mengatur pengelolaan sampah di Tomohon.

“Memang untuk saat ini dan juga sudah lama terpola, untuk sampah di Tomohon, terlebih yang diproduksi rumah tangga semua langsung terpusat diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Nah yang menjadi perhatian memperhitungkan terkait ketersediaan lahan untuk TPA, juga bagaimana menumbuhkan ke masyarakat akan budaya memilah sampah,” terang Lengkong.

Dirinya juga menjelaskan salah satu terobosan pemerintah CSWL saat ini dengan memaksimalkan Eco-Enzym.

“Selain inovasi, dalam ranperda ini pula diatur bukan hanya jadwal pembuangan sampah rumah tangga, melainkan juga menyiapkan bank sampah hingga penggunaan teknologi dalam penanganan Sampah,” terang

Seusai sosialisasi, dialanjutkan dengan diskusi menerima masukan, pertanyaan dan saran dari masyarakat peserta sosialisasi.

Latest from Same Tags