23 July 2024

/

KPU Tomohon Ingatkan Parpol Soal Syarat Keterwakilan Perempuan Dalam Daftar Bakal Caleg

2 mins read
Albertine V Pijoh
Ketua KPU Kota Tomohon, Albertine V Pijoh (foto: dok kpu tomohon)

KANALMETRO, TOMOHON – Pasca adanya putusan Mahmakah Agung (MA) terkait syarat keterwakilan perempuan dalam daftar bakal Calon Legislatif (Caleg) untuk Pemilu tahun 2024, KPU Kota Tomohon langsung meresponnya dengan mengingatkan kepada Partai Politik (Parpol).

“Kiranya Parpol peserta Pemilu 2024 untuk dapat memperhatikan betul syarat keterwakilan perempuan dalam mengajukan bakal Caleg, khususnya disisa waktu yang ada hingga masa pencermatan Daftar Calon Tetap (DCT),” kata Ketua KPU Tomohon, Albertine V Pijoh, Sabtu (2/9/2023).

Dia menjelaskan bahwa putusan MA terkait keterwakilan perempuan di parlemen yaitu perhitungannya dalam pasal 8 ayat 2 Perturan KPU (PKPU) nomor 10 tahun 2023. Itu merupakan tindak lanjut atas putusan MA mungkin saja akan berdampak terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) yang sudah ditetapkan,

“Sudah ada pernyataan dari KPU RI yang akan melaksanakan proses revisi PKPU setelah putusan MA ini, kami ditingkat kota menunggu saja. Tentu revisi pasal terkait akan kami terima sebelum penetapan DCT pada 3 November mendatang,” jelas Dia.

Sekedar diketahui, buntut dari MA mengabulkan permohonan Perludem soal keterwakilan perempuan di Pemilu 2024. PKPU terkait perhitungan pembulatan jumlah keterwakilan perempuan disetiap daerah pemilihan Pemilu 2024 dipastikan bakal berubah dari apa yang sudah dilalui saat proses pendaftaran.

Dimana pada pasal 8 ayat (2), PKPU nomor 10 tahun 2023 dalam hal penghitungan 30 persen, jumlah bakal Caleg perempuan disetiap Dapil menghasilkan angka pecahan.

Maka apabila dua tempat desimal dibelakang koma bernilai kurang dari 50, hasil penghitungan dilakukan pembulatan ke bawah. 50 atau lebih, hasil penghitungan dilakukan pembulatan ke atas.

Sedangkan KPU Tomohon telah memgumumkan DCS untuk DPRD Kota dengan jumlah 200 bakal Caleg dari 12 partai politik.

Latest from Same Tags