14 July 2024

/

Bawaslu Tomohon Rakor Bersama Parpol Terkait Penertiban APS

2 mins read
Bawaslu Tomohon
Rakor Bawaslu Tomohon bersama Parpol terkait penertiban APS, Kamis (2/11/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 terkait persiapan penertiban Alat Peraga Sosialisasi (APS).

Dimana dalam penertiban APS Parpol maupun bakal Calon Legislatif (Caleg),  akan dilakukan oleh Bawaslu Tomohon bersama sejumlah instansi terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) maupun kepolisian dan TNI.

Rakor yang dilaksanakan di kantor Bawaslu Tomohon, Kamis 2 November 2023 bertujuan untuk memastikan penertiban APS menjelang Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas menjelaskan bahwa dalam penertiban APS adalah sebagai salah satu upaya pihaknya guna tindakan pencegahan terjadinya pelanggaran.

Sebelumnya pula telah mengirimkan surat imbauan kepada seluruh Parpol peserta Pemilu di Kota Tomohon terkait hal tersebut.

“Banyak Parpol yang telah secara mandiri menurunkan APS karena sudah berubah menjadi APK. Kami sangat menghargai inisiatif yang diambil oleh Parpol. Hal ini juga mencerminkan kedewasaan dalam menghadapi regulasi Pemilu,” kata Dia.

Bahkan dalam Rakor, semua Parpol setuju dengan norma-norma terkait penertiban APS. Termasuk batasan yang membedakan APS yang akan ditertibkan dan tidak.

Dia juga mengajak Parpol untuk mengedukasi masyarakat selaku konstituen mereka agar tidak terjadi perlakuan yang tak adil. Karena ada beberapa APS memang tidak melanggar aturan, sehingga tak akan direkomendasikan untuk ditertibkan.

Koordinator Divisi Hukum dan Pencegahan Bawaslu Kota Tomohon, Handy Tumiwuda menambahkan, bahwa penertiban akan dimulai Sabtu, 4 Maret 2023. Seluruh Parpol diundang untuk hadir di lokasi penertiban. Sehingga jika ada masalah yang muncul, dapat segera dikomunikasikan secara baik dilapangan.

Upaya penertiban APS yang berubah menjadi APK ini merupakan langkah penting dalam menjaga kelancaran Pemilu dan memastikan bahwa semua pihak mematuhi aturan yang berlaku.

Latest from Same Tags