23 July 2024

//

Pemkot – Bawaslu Tomohon Sepakat Jaga Netralitas ASN di Pemilu dan Pilkada 2024

1 min read
Netralitas ASN Tomohon
Wali Kota dan Bawaslu Tomohon usai menandatangani nota kesepahaman soal netralitas ASN di Pemilu dan Pilkada 2024, Rabu (15/11/2023). (foto: pemkot tomohon)

KANALMETRO, TOMOHON – Pemerintah Kota (Pemkot) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tomohon sepakat untuk menjaga serta mewujudkan netralitas Aparatur Sipil Negera (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Kesepakatan dalam menjaga dan mewujudkan netralitas ASN dalam Pemilu serta Pilkada 2024 dituangkan dalam Nota Kesepahaman antara Pemkot dan Bawaslu Tomohon. Dimana nota kesepahaman itu ditandatangani Wali Kota, Caroll Senduk dan Ketua Bawaslu Tomohon, Stenly Kowaas.

Hal itu dilakukan dalam sosialisasi terkait Pemilu dan Pilkada 2024 yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tomohon di Emera Hills, Rabu 15 November 2023.

“Ini bertujuan untuk memastikan bahwa pesta demokrasi lima tahunan berjalan dengan baik dan efektif. Serta merupakan langkah penting dalam menjaga demokrasi berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” kata Wali Kota.

Dia juga berharap partisipasi masyarakat yang tinggi agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyalurkan hak suara untuk menentukan arah bangsa Indonesia dalam lima tahun kedepan.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Tomohon, Stenly Mokorimban mengatakan tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan pendidikan politik masyarakat serta pemahaman tentang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Dan agar nantinya berjalan aman, lancar, dan sukses.

Ketua Bawaslu Tomohon, mengatakan harapannya agar lewat penandatanganan nota kesepahaman itu dapat mewujudkan komitmen kuat bersama untuk mencegah ASN terlibat dalam hal-hal yang tidak netral.

Ikut hadir Komisioner KPU Tomohon Deysi Soputan. Serta jajaran Pemkot, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. (Wailan)

Latest from Same Tags