22 July 2024

//

Dana Hibah Pilkada Tomohon Tahun 2024 Bagi KPU dan Bawaslu Rp 28,3 Miliar

2 mins read
Dana Pilkada Tomohon 2024
Wali Kota menandatangani NPHD dana hibah Pilkada 2024 bersama Ketua KPU Tomohon, Sabtu (2/12/2023). (foto: pemkot tomohon)

KANALMETRO, TOMOHON – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon telah menyiapkan dana hibah sekitar Rp 28,3 Miliar bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Dimana untuk KPU Kota Tomohon nantinya akan diberikan dana hibah Pilkada 2024 sebesar Rp 20,3 Miliar. Sedangkan Bawaslu sebanyak Rp 8 Miliar.

Terkait itu, Pemkot Tomohon bersama KPU dan Bawaslu setempat pun mengadakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), Sabtu 2 Desember 2023.

“Langkah ini merupakan bagian dari upaya Pemkot untuk aktif mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” kata Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk usai penandatanganan NPHD di ruang kerjanya.

Dia juga mengatakan bahwa penandatanganan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 41 tahun 2023 tentang perubahan atas Permendagri nomor 54 tahun 2019 tentang pendanaan kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kiranya sinergitas antara pemerintah daerah dan lembaga penyelenggara serta Pengawas Pilkada tetap terjaga. Tujuannya agar semua tahapan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harap Caroll Senduk.

Sedangkan Ketua KPU Kota Tomohon, Albertin GV Pijoh mengatakan jika pihaknya akan memanfaatkan dana hibah dengan sebaik-baiknya guna suksesnya Pemilu 2024.

“Terima kasih kepada Pemkot Tomohon atas dukungan dan dana hibah sesuai kesepakatan,” tambah Dia.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Tomohon, Stenly Kowaas mengatakan bahwa pihaknya akan memanfaatkan dana tersebut sesuai peruntukan dengan efektif dan efisien. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemkot atas sinergi yang telah terjalin.

Penandatanganan itu ikut disaksikan Sekda Tomohon, Edwin Roring bersama sejumlah pejabat terkait dijajaran Pemkot.

Reporter : Wailan Montong

Editor : Roni Sepang

Latest from Same Tags