14 July 2024

/

KPU Tomohon Simulasi Pungut dan Hitung Suara di TPS

1 min read
KPU Tomohon Simulasi TPS
Simulasi pemungutan suara di TPS yang digelar KPU Tomohon, Sabtu (23/12/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menunjukkan komitmennya untuk memastikan kelancaran Pemilu 2024 dengan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilaksanakan di Gedung Olahraga Kelurahan Kamasi, Sabtu 23 Desember 2023.

Ketua KPU Tomohon, Albertien Vierna Pijoh mengatakan bahwa hal tersebut menjadi bagian integral dari persiapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang nantinya akan bertugas di TPS pada 14 Februari 2024 nanti.

“Tujuan utamanya adalah memastikan setiap tahap pemungutan dan penghitungan suara pada hari pemilihan berjalan lancar,” kata Albertien Vierna Pijoh.

Sementara itu Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tomohon, Deisy Soputan menjelaskan bahwa dalam simulasi yang melibatkan setidaknya 200 orang itu gunamemberikan gambaran detail tentang pelayanan di TPS untuk masyarakat pemilih.

Dia juga menjelaskan bahwa terdapat enam tahapan yang disimulasikan. Yakni mencakup persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara. Serta persiapan dan pelaksanaan penghitungan suara.

“Kami juga memperkenalkan teknologi terbaru di Pemilu 2024, yaitu penggunaan Sirekap. Diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara,” pungkas Soputan

Dengan simulasi ini, KPU Kota Tomohon menegaskan keseriusannya dalam memastikan bahwa setiap pemilih dapat merasakan proses demokrasi yang transparan dan berkualitas tinggi pada Pemilu 2024.

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags