22 July 2024

//

Sejumlah APK Pemilu 2024 di Tomohon Ditertibkan Karena Diduga Langgar Aturan

2 mins read
APK Pemilu 2024 Tomohon
Penertiban APK Pemilu 2024 yang diduga melanggar aturan oleh Bawaslu bersama Satpol PP Tomohon, Jumat (5/1/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Jumat 5 Januari 2023, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tomohon melakukan penertiban sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Pemilu 2024.

Sejumlah APK Pemilu 2024 yang berada pada sejumlah titik di Kecamatan Tomohon Utara dan Tomohon Selatan ditertibkan karena diduga telah melanggar aturan. Proses penertiban pun didampingi oleh aparat dari Polres Tomohon dan dari TNI.

“Sebelumnya kami telah melakukan langkah-langkah pencegahan, termasuk imbauan kepada peserta Pemilu untuk menurunkan APK secara mandiri dan saran perbaikan,” kata pimpinan Bawaslu Tomohon, Handy Tumiwuda.

Sedangkan pimpinan Bawaslu Tomohon lainnya, Yossy Korah menjelaskan bahwa jika sebelumnya pihaknya sudah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan peserta Pemilu, Satpol PP dan TNI/Polri. Dalam Rakor tersebut, regulasi dan batasan APK yang akan ditertibkan telah dijelaskan, dan semua peserta Pemilu menyambut baik serta setuju.

“Fokus utama penertiban adalah pada APK yang terpasang pada fasilitas umum seperti tiang listrik, pohon, samping jalan, dan area radius tertentu berdekatan dengan bangunan fasilitas pemerintah,” tambah Ketua Bawaslu Tomohon, Stenly Kowaas.

Dia menegaskan pula bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan penertiban, dan memastikan APK dipasang sesuai regulasi yang berlaku.

“Kami hadir dan melakukan penertiban berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu mana saja alat peraga yang dipasang tidak sesuai ketentuan. Itu yang kami tertibkan dan didampingi langsung oleh Bawaslu,” kata Kepala Satpol PP Tomohon, Toar Jusak Pandeirot.

Dia juga menjelaskan bahwa dalam penertiban kali ini, pihaknya mengerahkan satu regu. Apabila dikemudian hari akan ada hal serupa, pihaknya siap membantu berdasarkan permintaan dari Bawaslu Tomohon.

Reporter: Wailan Montong

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags