14 July 2024

//

Pelipatan Tuntas, KPU Tomohon Dapati Satu Persen Surat Suara Rusak

1 min read
KPU Tomohon
Tuntas melaksanakan pelipatan, Ketua KPU Tomohon sebut ada dapati satu persen surat suara rusak. Foto: Ketua KPU Tomohon dan jajaran di gudang logistik tempat pelipatan surat suara, Selasa (9/1/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon telah menuntaskan proses pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Selasa 9 Januari 2024 malam atau sebelum dari target yang ditetapkan, Kamis 11 Januari 2024.

Dan dalam proses pelipatan itu, pihak KPU Tomohon mendapati ada sekitar satu persen surat suara yang rusak.

“Kami sudah laporkan kepada KPU Sulut untuk disampaikan kepada pihaknya penyedia melalui Sistem Informasi Logistik (Silog) terakit surat suara yang rusak,” kata Ketua KPU Kota Tomohon, Albertine Vierna Pijoh, Rabu 10 Januari 2024.

Untuk surat suara yang rusak nantinya akan dimusnahkan oleh pihaknya dengan pengawasan Bawaslu serta disaksikan Forkopimda Tomohon.

Dia menjelaskan pula bahwa total surat suara yang telah dilipat oleh pihaknya yakni sebanyak 398.650. Dan kini telah disimpan pada ruangan khusus di gudang logistik KPU Tomohon.

Sedangkan Ketua Bawaslu Tomohon, Stenly Kowaas berharap KPU segera berkoordinasi dengan pihak penyedia terkait penggantian surat suara yang rusak. Meskipun waktu masih cukup, namun Dia meyakini masalah ini dapat diantisipasi.

“Kami harap proses pelipatan telah dilakukan dengan baik, karena Bawaslu terbatas dalam pengawasan. Tapi sepanjang yang kami awasi semuanya telah bejalan baik,” pungkas Dia.

Reporter: Wailan Montong

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags