20 July 2024

/

NPHD Ditandatangani, Bawaslu Minahasa Bakal Terima Hibah Pilkada Rp 17,5 Miliar dari Pemkab

1 min read
Pemkab Bawaslu Minahasa NPHD
Pemkab dan Bawaslu Minahasa usai mendatangani NPHD untuk dana Pilkada 2024, Senin (5/2/2024). foto: pemkab minahasa

KANALMETRO, MINAHASA – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa bakal mendapat dana hibah senilai Rp 17,5 Miliar.

Dana hibah itu akan diperoleh Bawaslu Minahasa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat guna kebutuhan Pilkada 2024. Senin 5 Februari 2024, telah ditandangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Bawaslu dan Pemkab Minahasa di gedung Wale Ne Tou Tondano.

“Ini mencerminkan komitmen pemerintah demi memperkuat sistem pengawasan, serta menciptakan hukum yang kuat akan pelaksanaan Pilkada tahun 2024. Dan kiranya ini dapat meneguhkan prinsip akuntabilitas dan ketertiban dalam mengelola proses pemilihan,” kata Penjabat Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong dalam sambutannya.

Dia juga berharap kolaborasi antara Pemerintah dan Bawaslu akan ada transparansi, keadilan, serta dapat meminimalisir resiko pelanggaran. Dan tentunya memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap hak-hak masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses politik.

Dan kiranya proses demokrasi yang baik dapat terwujud ketika Bawaslu memiliki peran kuat dan independent. Sehingga bisa membawa dampak positif yang signifikan dalam memperkuat fondasi demokrasi.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags