14 July 2024

Bawaslu Sulut Ajak Masyarakat Ikut Awasi Distribusi Logistik Pemilu 2024

1 min read
Bawaslu Sulut
Steffen Linu dalam rapat pengawasan partisipatif Bawaslu Sulut soal distribusi logistik Pemilu 2024, Selasa (6/2/2024). KM-Wailan

KANALMETRO, MANADO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengajak masyarakat terlibat dalam pengawasan setiap tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, termasuk distribusi logistik yang sebentar lagi memasuki hari pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pimpinan Bawaslu Sulut, Steffen Linu mengatakan upaya yang boleh dilakukan atas proses distribusi logistik yakni dengan melaksanakan pengawasan secara paritisipatif.

“Berbagai potensi pelanggaran bisa saja terjadi ketika proses distribusi logistik dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten /Kota ke setiap TPS,” kata Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas ini.

Karena menurut Dia, ada beberapa hal yang bisa terjadi tanpa disengaja, atau non teknis ketika distribusi dilakukan. Terutama di daerah dengan tingkat aksesibilitas yang kompleks.

“Berbagai potensi terlebih faktor non-teknis  seringkali menjadi kendala dalam distribusi logistik Pemilu, seperti alam, letak geografis, keadaan gudang logistik dan lain sebagainya,” kata Dia dalam rapat Pengawasan Partisipatif di Manado, Rabu 7 Februari 2024.

Mantan pimpinan Bawaslu Kota Tomohon ini juga mengatakan bahwa sesuai aturan pendistribusian logistik Pemilu harus diselesaikan maksimal sehari sebelum pemungutan suara berlangsung.

Karena jika terjadi keterlambatan, maka dapat berdampak besar pada pelaksanaan Pemilu 2024 secara keseluruhan. Sehingga Dia juga mengimbau kepada KPU untuk memperhatikan azas urgensi distribusi, termasuk ketepatan waktu, jumlah, jenis, bentuk, ukuran, spesifikasi, serta kualitas logistik yang didistribusikan.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags