14 July 2024

/

Festival Kolaborasi Bawaslu Sulut Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Jelang Pemungutan Suara

1 min read
Festival Kolaborasi Bawaslu Sulut
Talk Show sebagai pembuka pelaksanaan Festival Kolaborasi Bawaslu Sulut di Mantos, Kamis (9/2/2024). KM-FMT

KANALMETRO, MANADO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut mengadakan Festival Kolaborasi mulai Kamis – Jumat, 8 hingga 9 Februari 2024 di atrium Manado Town Square.

“Festival Kolaborasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya untuk mensosialisasikan pengawasan partisipatif jelang tahapan pemungutan dan perhitungan suara dalam Pemilu 2024,” kata Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Aldrin Christian.

Dia mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut selain bentuk sosialisasi, namun juga untuk mengajak masyarakat melakukan pengawasan partisipatif.

Salah satunya adalah terkait politik uang yang sangat rawan terjadi menjelang tahap pungut hitung. Karena belajar dari pengalaman Pemilu – Pemilu sebelumnya, pelanggaran politik uang meningkat ketika menjelang pemungutan suara.

“Kami memilih lokasi ini, karena sebagai salah satu pusat keramaian di Sulut. Sehingga apa yang menjadi tujuan kami bisa tercapai. Sosialisasi pengawasan partisipatif pun terus dilakukan pada berbagai lokasi terhadap sejumlah elemen masyarakat,” kata Aldrin Christian.

Sehingga dalam pembukaan Festival dilaksanakan talk show terkait tolak politik uang dan pengawasan partisipatif. Selanjutnya diadakan pameran yang semua rangkaian akan ditutup dengan apel siaga jajaran pengawas di Sulut.

Dalam apel siaga ini akan dihadiri jajaran Kabupaten /Kota dan utusan Kecamatan. Sabtu 9 Februari, apel siaga akan dilaksanakan di seluruh Kabupaten /Kota, kemudian dilanjutkan dengan malam patroli pengawasan.

Dimana dalam pengawasan, jajaran pengawas akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang jelang masa tenang. Dan tentunya akan dilakukan pencegahan atas potensi terjadinya politik uang.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags