14 July 2024

//

Cek Kesiapan Jajaran Pengawas Pemilu, Ketua Bawaslu Sulut: Tetap Jaga Integritas dan Independensi

1 min read
Bawaslu Sulut Pengawas
Ardiles Mewoh memberikan arahan terhadap seluruh Pengawas Pemilu dijajaran Bawaslu Sulut via zoom, Selasa (13/2/2024). KM-FMT

KANALMETRO, SULUT – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ardiles Mewoh mengingatkan kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu untuk tetap menjalankan tugas serta tanggung jawabnya sesuai aturan ketika pelaksanaan tahapan pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024.

“Saya ingatkan agar tetap menjaga integritas dan independensi ketika melaksanakan tugas pengawasan di TPS,” tegas Ardiles Mewoh ketika melakukan pencekan kesiapan Pengawas Pemilu di jajaran Bawaslu Sulut via zoom, Selasa 13 Februari 2024.

Dia meminta kepada seluruh jajarannya untuk dalam menjalankan tugasnya agar mengikuti aturan berlaku. Karena sebelumnya seluruh Pengawas TPS telah mendapat pembekalan, bimbingan teknis dan rakernis sebelum melaksanakan tugas.

Selain itu, mantan Ketua KPU Sulut ini juga meminta kepada seluruh pengawas TPS untuk tidak menandatangani sejumlah dokumen ketika usai proses perhitungan suara.

“Yang boleh ditandatangani hanya daftar hadir dan berita acara telah mendapat hasil perhitungan dari KPPS. Lainnya tidak boleh,” tegas Dia ketika memberikan arahan terhadap seluruh Bawaslu Kabupaten /Kota se Sulut serta Panwas Kecamatan.

Sebelum melakukan pengecekan kesiapan jajaran via zoom. Jajaran Bawaslu Sulut bersama Forkopimda melakukan pemantauan terhadap proses distribusi logistik dengan mendengar laporan dari Bawaslu Kabupaten /Kota.

Setelah itu dilakukan pemantauan pada sejumlah TPS yang ada di Kota Manado guna mengecek kesiapan sebelum dilakukan proses pemungutan dan perhitungan suara.

Ikut hadir pula dalam berbagai agenda itu para pimpinan Bawaslu Sulut, diantaranya Erwin Sumampouw, Steffen Linu serta Zulkifli Densi maupun jajaran sekretariat.

Reporter/Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags