14 July 2024

/

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan di Tomohon Dimulai

1 min read
Pleno Rekapitulasi Kecamatan Tomohon
Rapat pleno rekapitulasi suara pada salah satu Kecamatan di Tomohon, Sabtu (17/2/2024). foto; ist

KANALMETRO, TOMOHON – Sejak Sabtu 17 Februari 2024, rapat pleno rekapitulasi suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 pada tingkat Kecamatan di Kota Tomohon telah dimulai.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Deasy Soputan menjelaskan bahwa rapat pleno rekapitulasi suara itu dilakukan secara serentak pada seluruh Kecamatan.

“Sesuai tahapan, pleno berlangsung selama tujuh hari setelah pencoblosan. Targetnya Senin 20 Februari 2024 semuanya telah rampung, dengan penyesuaian panel pleno sesuai keadaan di masing-masing Kecamatan,” kata Dia.

Dia juga menegaskan bahwa tahapan ini penting untuk memastikan jumlah perolehan suara setiap peserta Pemilu 2024. Sehingga data yang dipegang oleh KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan para saksi sesuai dengan fakta.

Selain itu, mantan Ketua Bawaslu Tomohon ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk tidak saling klaim dalam perolehan suara. Melainkan dapat sabar menunggu hasil penetapan pleno KPU Tomohon pada 2 Maret 2024.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Sulut, Steffen Linu ketika melakukan monitoring di Tomohon mengatakan tahapan ini sudah berjalan lancar. Dia pun menghimbau kepada jajaran penyelenggara untuk melaksanakan tugas secara maksimal, sedangkan kepada peserta Pemilu 2024 agar tetap menjaga kondusifitas.

Ketua Bawaslu Tomohon, Stenly Kowaas menambahkan bahwa proses rekapitulasi berjalan relatif baik, dengan saran perbaikan dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan masukan baik dari saksi untuk kelancaran pleno rekapitulasi tersebut.

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags