14 July 2024

//

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 KPU Tomohon Dimulai, Dapil Satu Tuntas

2 mins read
Pleno Rekapitulasi KPU Tomohon
Para komisioner KPU Tomohon dalam hari pertama rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024, Sabtu (24/2/2024). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Mulai Sabtu 24 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon melaksanakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Grand Master Hotel.

Dalam hari pertama rapat pleno rekapitulasi suara untuk Pemilu 2024 itu, KPU Tomohon telah menuntaskan untuk suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) Satu, yakni Kecamatan Tomohon Tengah dan Kecamatan Tomohon Timur.

Dan selanjutnya untuk Dapil Dua yakni Kecamatan Tomohon Selatan, setelah itu Dapil Tiga Kecamatan Tomohon Barat. Sedangkan yang paling terakhir adalah Dapil Empat, yakni Kecamatan Tomohon Utara.

“Rapat pleno ini dijadwalkan berlangsung selama empat hari, yakni hingga Selasa 27 Februari 2024,” kata Ketua KPU Kota Tomohon, Albertien V Pijoh yang juga memimpin rapat tersebut.

Dia menjelaskan bahwa dalam rapat pleno ini, pihaknya melakukan rekapitulasi suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kota.

“Pembacaan hasil dilakukan secara cermat dan disesuaikan dengan data yang tercatat dalam aplikasi SiRekap.Tahapan ini penting untuk memastikan kesesuaian dan akurasi data. Dan setiap saksi peserta Pemilu 2024 telah memegang salinan hasil dari Kecamatan, sehingga memudahkan jalannya pleno tingkat Kota,” kata Dia.

Dia juga mengatakan bahwa pelaksanaan rapat pleno dihari pertama berjalan dengan lancar. Karena proses di Kecamatan telah berjalan baik, sehingga membuat pihaknya optimisi pleno ditingkat Kota bisa selesai sesuai target waktu yang ditentukan.

Rapat pleno ini juga disaksikan oleh Bawaslu Kota Tomohon serta mendapat supervisi dari Komisioner KPU Provinsi Sulut, Meidy Tinangon. Seluruh saksi peserta Pemilu dan para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga turut hadir dalam rapat tersebut.

Sekedar diketahui bahwa dalam Pemilu 2024 ini, untuk kursi DPRD Kota Tomohon telah bertambah lima dari sebelumnya 20. Sehingga jumlah kursi yang diperebutkan yakni sebanyak 25, dengan rincian 8 untuk Dapil Satu, 6 kursi Dapil Dua, 4 kursi Dapil Tiga serta 7 kursi Dapil Empat.

Reporter: Wailan Montong

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags