20 July 2024

/

Pendaftaran Pemantau Pilgub Sulut Tahun 2024 Telah Dibuka

2 mins read
Pemantau Pilgub Sulut 2024
KPU Sulut telah membuka pendaftaran bagi Pemantau Pilgub 2024 (foto: dok kpu sulut)

KANALMETRO, SULUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah membuka pendaftaran untuk Pemantau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) tahun 2024.

“Untuk pendaftaran Pemantau Pilgub Sulut tahun ini telah kami buka sejak 27 Februari hingga 16 November 2024 mulai pukul 08.00 hingga 16. 00 Wita di kantor KPU Sulut,” kata Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan, Rabu 28 Februari 2024.

Dia menjelaskan bahwa untuk syarat pemantau yakni berbadan hukum, bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas. Serta terdaftar dan memperoleh akreditasi dari KPU Provinsi sesuai dengan cakupan wilayah pemantauannya.

Selain itu ada beberapa syarat yang harus disiapkan ketika melakukan pendaftaran. Yakni mengisi formulir pendaftaran, surat keterangan terdaftar di pemerintah,  profil organisasi lembaga pemantau pemilihan, nama dan jumlah anggota pemantau.

Selanjutnya,  alokasi anggota pemantau Pilgub masing – masing Provinsi. Kemudian rencana, tahapan dan jadwal kegiatan pemantauan Pemilihan serta daerah yang ingin dipantau. Nama, alamat, dan pekerjaan pengurus Lembaga pemantau.

Pas foto terbaru pengurus lembaga pemantau, surat pernyataan mengenai sumber dana yang ditandatangani oleh ketua lembaga pemantau. Surat pernyataan mengenai independensi lembaga yang ditandatangani oleh ketua Lembaga.

Kemudian surat penyataan atau pengalaman dibidang pemantauan dari organisasi pemantau yang bersangkutan atau dari pemerintah negara lain tempat yang bersangkutan pernah melakukan pemantauan bagi Pemantau Pemilihan asing.

Surat pernyataan kesediaan menyampaikan laporan pelaksanaan pemantauan Pemilihan dan bersedia dikenakan sanksi apabila tidak menyampaikan laporan dimaksud. Penambahan nama, jumlah, dan alokasi anggota Pemantau Pemilihan serta penambahan daerah yang ingin dipantau sebagaimana dimaksud dilaporkan kepada KPU Sulut.

“Untuk formulir pendaftaran bisa diambil langsung di kantor KPU Sulut atau unduh pada https://sulut.kpu.go.id. Jika memenuhi syarat, kami akan memberikan akreditasi kepada lembaga pemantau pemilihan dalam negeri untuk melakukan kegiatan pemantauan,” pungkas Dia.

Latest from Same Tags