25 July 2024

/

1327 Pantarlih akan Direkrut KPU Manado Untuk Pilkada 2024

1 min read
Pantarlih KPU Manado
Rakor yang digelar KPU Manado dalam rangka pembentukan Partalih, Kamis (13/6/2024). KM-Roni

KANALMETRO, MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado mulai melaksanakan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Dimana jumlah Pantarlih yang akan direkrut untuk Pilkada 2024 olen KPU Manado yakni sebanyak 1327 petugas. Dimana proses perekrutan telah dimulai Kamis 13 Juni 2024 dan berakhir Rabu 19 Juni 2024.

“Mereka akan bertugas untuk pemuktahiran data pemilih serta pencocokan dan penelitian untuk Pilkada Provinsi Sulawesi Utara maupun Kota Manado,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Manado, Ramly Pateda.

Dia juga menjelaskan bahwa dalam proses rekrutmen, pihaknya telah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat lewat media sosial maupun badan adhoc yang sudah terbentuk.

Meski demikian, Dia mengatakan bahwa ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi setiap calon Pantarlih. Yakni berusia paling rendah 17 tahun, idak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik bersangkutan.

Syarat lain adalah berdomisili dalam wilayah kerja, mampu secara jasmani dan rohani dan berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat.

“Setiap pendaftar yang tidak memiliki ijazah SMA atau sederajat karena rusak maupun hilang dapat melakukan pendaftaran dengan membuat surat pernyataan,” pungkas Dia dalam rapat koordinasi di Centra Hotel, Kamis 13 Juni 2024.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags