15 July 2024

KPU Minahasa Bekali PPK Soal Pemutahiran Data Pemilih dan Penggunaan e-Coklit Lewat Bimtek

1 min read
Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon ketika memberikan materi dalam Bimtek terhadap seluruh PPK di Minahasa, Selasa (18/6/2024). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa membekali seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait pelaksanaan pemuktahiran data pemilih serta penggunaan aplikasi e-Coklit untuk Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Hal itu dilaksanakan dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek), Selasa hingga Kamis, 18-20 Juni 2024.

“Bimtek ini sangat penting, karena tahapan demi tahapan sekarang sudah mulai berjalan. Terlebih karena data pemilih harus validitas, lantaran akan menjadi acuan untuk tahapan – tahapan selanjutnya,” kata Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Rendy Suawa ketika membuka kegiatan tersebut.

Selain itu Dia juga mengatakan bahwa dalam Bimtek tersebut, seluruh PPK akan dibekali dan diberi kapasitas kepada supaya tahapan pemutakhiran data pemilih pada penyelenggaraan Piklada serentak tahun 2024 di Kabupaten Minahasa berjalan lancar.

Oleh karena itu dalam Bimtek tersebut seluruh peserta akan melakukan simulasi untuk persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) jelang Pilkada 2024. Dan nantinya akan memberikan informasi tentang penggunaan aplikasi e-Coklit kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten Minahasa, serta kepada calon anggota Pantarlih.

“KPU sudah merencanakan Coklit serentak pada 24 Juni – 24 Juli 2024, dimana Pantarlih akan datang langsung ke rumah – rumah warga yang terdaftar sebagai pemilih,” pungkas Dia.

Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon ikut memberikan materi dalam Bimtek dihari pertama. Sedangkan para komisioner serta sekretaris KPU Minahasa hadir dalam pembukaan Bimtek yang diikuti seluruh PPK pada 25 Kecamatan.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags