14 July 2024

Peneliti Bantah Temuan Perusahaan Reklamasi Pantai di Manado Utara

1 min read
Reklamasi Pantai Manado Utara
Salah satu karang hidup yang ada di perariran Manado Utara (foto: dok Rignolda Jamaluddin)

KANALMETRO, SULUT – Dalam pertemuan PT Manado Utara Perkasa bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan masyarakat yang menolak reklamasi pantai, terungkap bahwa tidak adanya karang mati dan hidup di daerah perairan Manado Utara dari Sindulang hingga Tumumpa.

Amos Kenda, salah satu staf dari PT Manado Utara Perkasa selaku perusahaan pengembang reklamasi pantai mengatakan bahwa dalam temuan pihaknya yang melakukan penyelaman tidak mendapatkan karang hidup.

“Dari peneliti yang mengeluarkan izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) mendapati bahwa di daerah perairan tidak didapatkan karang mati dan hidup, hanya lumpur dan pasir,” kata Dia.

Temuan ini dibantah oleh akademisi Unsrat Manado sekali peneliti yang juga pemerhati lingkungan laut, Rignolda Jamaluddin.

“Saya membenarkan jika hanya lumpur dan pasir. Tapi jika tidak ada karang hidup dan mati itu tidak benar,” kata Dia.

Bahkan Rignolda Jamaluddin membuktikan bahwa di perairan Manado Utara masih ada karang hidup sesuai dengan penelitian yang dibuat oleh dirinya dan tim.

Maka Dia menegaskan untuk hati-hati bagi yang mengeluarkan hasil penelitian. Karena ada tanggungjawab akademis harus dijunjung tinggi. Apalagi hasil tersebut dipakai untuk mengurus izin AMDAL yang mempunyai konsekuensi hukum.

Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags