14 July 2024

KPU Tomohon Evaluasi Coklit Pilkada 2024

2 mins read
Foto bersama usai evaluasi

KANALMETRO, TOMOHON – KPU Kota Tomohon mengadakan Rapat Evaluasi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) tahap pertama serta Penggunaan Aplikasi E-Coklit pada Pemilihan Serentak tahun 2024, Jumat 5 Juli 2024.

Rapat ini bertujuan untuk menginventarisasi permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan Coklit tahap pertama, baik secara manual maupun melalui aplikasi E-Coklit.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Rojer Datu, dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Ketua Perencanaan, Data, dan Informasi, Arinny Poli. Dalam arahannya, Arinny Poli menegaskan pentingnya evaluasi ini untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan Coklit.

“Forum ini digelar untuk memfasilitasi penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi di lapangan. Misalnya ada data kependudukan yang ganda, yang saat ini kami hadirkan operatornya sendiri, untuk langsung diselesaikan,” ujar Poli.

Peserta rapat ini meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang menangani data pemilih. Turut hadir dalam rapat ini adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Albert J. Tulus, serta Anggota Bawaslu Kota Tomohon, Handy Tumewuda, sebagai narasumber.

Dalam sesi evaluasi, setiap PPK dan PPS memaparkan permasalahan dan kendala yang mereka hadapi selama pelaksanaan Coklit dan penggunaan Aplikasi E-Coklit. Bersama dengan Disdukcapil dan Bawaslu Kota Tomohon, KPU Tomohon membahas solusi atas permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Menutup acara, Arinny Poli menyampaikan harapannya agar proses pencoklitan, baik secara manual maupun melalui E-Coklit, dapat berjalan tanpa hambatan.

“Ke depannya kami harapkan proses pencoklitan yang dilakukan secara manual dan e-coklit yang dilakukan oleh Pantarlih ini tidak bermasalah dan datanya bersih. Tapi yang pasti WNI yang sudah memenuhi syarat pasti terakomodir,” tukasnya.

Rapat diakhiri dengan sesi foto bersama, menandakan komitmen bersama untuk menyukseskan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kota Tomohon.

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags