25 July 2024

/

KPU Minahasa Tuntaskan 100 Persen Coklit Pilkada 2024

2 mins read
Pantarlih melakukan Coklit terhadap anggota Bawaslu RI, Herwyn Malonda di Desa Panasen, Kakas Barat, Minahasa, Jumat (28/6/2024). KM-Kelly
Pantarlih melakukan Coklit terhadap anggota Bawaslu RI, Herwyn Malonda di Desa Panasen, Kakas Barat, Minahasa, Jumat (28/6/2024). KM-Kelly

KANALMETRO, MINAHASA – Pelaksanaan Coklit Pilkada serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa telah tuntas 100 persen, itu sesuai dengan target waktu selama 2 minggu.

Lidya Malonda, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Minahasa mengatakan sesuai dengan target waktu pelaksanaan tahapan Coklit oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarih) untuk Pilkada 2024 bisa selesai 100 selesai di 270 Desa pada 25 Kecamatan.

Pantarlih memasang stiker tanda Coklit di rumah Ketua Bawaslu Sulut
telah dilaksanakan

Sesuai data untuk Kabupaten Minahasa yang masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sebanyak 252.985 ribu. Namun semuanya bisa dikunjungi oleh Pantarlih selama 14 hari.

Lidya Malonda menambahkan adapun kendala selama 14 hari yang dialami oleh 956 Pantarlih selama Coklit seperti dikejar anjing milik warga, harus berhadapan dengan ular. Bahkan kondisi cuaca extrim yang terjadi di seluruh Kecamatan mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.

Coklit di rumah Pimpinan Bawaslu Sulut, Donny Rumagit

Dia menjelaskan pula bahwa Pantarlih di Minahasa bahkan harus melaksanakan Coklit secara teliti sesuai dengan prosedur. Yakni berdasarkan Peraturan KPU nomor 7 tahun 2024 tentang penyusunan daftar pemilih dalam penyelenggaran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Foto bersama usai Coklit di rumah pimpinan
Bawaslu Sulut, Erwin Sumampouw

Dimana sejumlah Pantarlih di Minahasa harus mengunjungi kediaman pimpinan Bawaslu RI, Herwin Malonda, Ketua Bawaslu Propinsi Sulawesi Utara Ardiles Mewoh dan pimpinan Donny Rumagit, Erwin Sumampouw. Maupun tiga Pimpinan Bawaslu Kabupaten Minahasa.

Komisioner KPU Sulut, Lanny Ointu melakukan monitoring
Coklit di Minahasa

Saat ini Pantarlih akan melanjutkan Coklit sampai dengan tanggal 24 juli 2024 sesuai jadwal tahapan untuk memastikan semua penduduk terkunjungi. Hal itu dilakukan sambil mencermati hasil Coklit bersama PPS, pemerintah Desa /Kelurahan serta PPK dan KPU Kabupaten Minahasa.

Coklit oleh Pantarlih di rumah Ketua KPU Minahasa, Rendy Suawa

Bahkan menurut Dia, Herwin Malonda selaku Ketua Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu RI menilai pelaksanaan Coklit di Minahasa sesuai dengan prosedur. Begitu pula Komisioner KPU Sulawesi Utara, Lanny Ointu juga melakukan monitoring Coklit di Kecamatan Pineleng guna memastikan petugas mengunjungi setiap rumah pemilih.

Foto bersama usai pelantikan Pantarlih di Minahasa

Sementara para Komisioner bersama Sekertaris KPU Minahasa juga menerima Pantarlih pada hari ke 14 sebagai penanda bahwa Coklit yang dilakukan sudah mencapai 100 persen. (advetorial)

Latest from Same Tags