18 July 2024

Perkembangan Covid-19 di Minahasa Makin Terkendali

2 mins read
Denny Mangala

MINAHASA – Perkembangan kasus Covid-19 di Minahasa, baik pasien positif, warga terpapar tanpa gejala maupun menyebabkan kematian belakangan ini sudah makin terkendali. Menurut Asisten I Setdakab Minahasa Denny Mangala, klaim makin terkendali itu disampaikan berdasarkan data Covid-19 yang dikantongi pihaknya.

“Kami sampaikan ini berdasarkan data yang sesuai realita,” kata Mangala, Jumat (5/3/2021).

Dijelaskannya jika dalam dua pekan terakhir ini, jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 menurun drastis . Bahkan dalam beberapa hari terakhir ini tidak ada kasus. Begitu pula dengan pasien yang telah mencapai 94,7 persen atau 1728  dari total keseluruhan yang terkonfirmasi positif sebanyak 1824 orang.

Sedangkan untuk yang sedang dirawat juga terjadi penurunan cukup signifikan. Karena data 31 Januari 2021 ada 217 pasien yang sementara dirawat. Sementara pada 4 Maret 2021 sisa 17 pasien.

“Ini merupakan perkembangan yang positif, tetapi tetap harus dicermati secara bijaksana serta tidak boleh lengah,” tambahnya.

Oleh karena itu dirinya berharap masyarakat Minahasa untuk tetap mematuhi anjuran Pemerintah dengan menerapkan  5M (menggunakan Masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas) dalam setiap aktivitas.

Selain itu dikatakannya jika Pemkab terus melakukan program Vaksinasi pada berbagai elemen masyarakat. Dan kali ini baru saja ketambahan 1000 vaksin, rencananya akan digunakan bagi pedagang di pasar, tokoh Agama dan ASN yang seharinya bertugas sebagai pelayan publik.

“Bupati, Wakil Bupati Ketua TP-PKK , Wakil Ketua TP-PKK serta pimpinan DPRD telah memberikan contoh melalui Vaksinasi, dan sampai saat ini seluruh yang divaksin di Minahasa tak menunjukan adanya efek samping. Artinya Vaksin ini aman dari sisi kesehatan,” pungkasnya.

Sehingga Mangala mengatakan jika Bupati berharap dalam vaksinasi tahap dua nanti masyarakat yang masuk dalam kelompok sasaran tak perlu khawatir karena Vaksin ini Aman dan Halal.(Kelly)

Latest from Same Tags