20 July 2024

Kesejahteraan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Harus Diberi Perhatian

1 min read
Stefanus Liow
Liow mengajak kreativitas anak bangsa untuk terus ditingkatkan dalam pembumian Pancasila.

KANALMETRO.com – Pemerintah diminta agar menaruh perhatian terhadap kesejahteraan para penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan. Salah satunya dengan menambah anggaran Bantuan Operasional Penyuluh (BOP) PNS, karena sudah lama tidak pernah mengalami kenaikan dari Rp 400 ribu per bulan.

Hal itu disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Stefanus BAN Liow dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komite II dengan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian  Kelautan dan Perikanan, Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian di Jakarta, Senin (15/3/2021).

Selain kesejahteraan, pemerintah juga diminta agar  memastikan kelembagaan dan peningkatan SDM penyuluh seperti melaksanakan diklat/bimtek secara berkala. Peningkatan teknologi dan informasi seiring perkembangan zaman serta dukungan dana yang layak bahkan sarana dan prasarana.

Liow menyebutkan penyuluh harus benar-benar dijadikan ujung tombak karena sebagai bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum, didalamnya masyarakat tani serta nelayan.  

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian RI  Dedi Nursyamri mengakui bahwa harusnya BOP sudah dinaikan menjadi Rp 800 ribu per bulan. Tetapi dampak pandemi covid-19, maka terjadi refocusing anggaran tahun 2020 dan 2021. Namun dirinya berharap akan kembali dianggarkan tahun berikutnya.

Selain itu tentunya pemerintah akan terus melaksanakan kebijakan strategis dibidang penyuluhan dan SDM melalui substansi kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, sarana prasarana, pembiayaan, pembinaan dan pengawasan.(zakaria)

Latest from Same Tags