23 June 2024

/

Mahasiswa Tuntut Rektor Berantas Pungli di Unima

2 mins read
Demo Mahasiswa Unima
Sejumlah mahasiswa menggelar aksi demontrasi di gedung rektorat dengan salah satu tuntutannya adalah berantas Pungli di Unima.

KANALMETRO, MINAHASA – Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof DR Deitje Katuuk MPd diminta untuk memberantas aksi Pungutan Liar (Pungli) di kampus tersebut.

Hal itu disampaikan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Unima di gedung Rektorat, Senin (14/6/2021).

Selain soal dugaan aksi Pungli di Unima, para mahasiswa pun menyampaikan sejumlah tuntutan lainnya.

Ketua KBM Unima Jeremia Pantowi, mengatakan tuntutan lain yang disampaikan mereka adalah juga soal transparansi Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta  perpanjangan studi mahasiswa angkatan 2014.

Selain itu mahasiswa meminta pihak Rektorat agar meningkatan pelayanan birokrasi sekaligus transparansi terkait anggaran kemahasiswaan.

Baca juga: Mahasiswa Keluhkan Dugaan Pungli di Pascasarjana Unima

”Kami minta Rektor untuk mengeluarkan edaran mengenai Pungli di Unima. Jika tidak kami akan kembali menggelar aksi dengan jumlah massa lebih banyak,” tegasnya.

Bahkan menurutnya, tuntutan serupa sudah pernah dilayangkan mahasiswa ketika menggelar aksi demonstrasi sebelumnya. Sehingga diharapkan kali ini pihak Rektorat Unima dapat mendengarkan aspirasi dari mahasiswa.

Karena menurut Pantouw, berbagai tuntutan tersebut bisa membuat Unima menjadi kampus merdeka belajar dengan menghasilkan lulusan terbaik.

“Bagaimana kita mau berkembang dan menjadi baik, sementara pihak petinggi-petinggi Unima tidak transaparansi mengenai informasi UKT serta masih melakukan Pungli bagi mahasiswa,” tambahnya.

Baca juga: Titof: Jika Terbukti Pungli, Rektor Unima Akan Tindak Tegas

Ditegaskannya juga bahwa dengan aksi ini diharapkan Rektor dapat mengetahui berbagai masalah yang terjadi di kampus. Dan tentu agar para lulusan Unima berhasil dengan menjadi panutan di masyarakat.

Hal itupun karena atas hasil didikan dosen-dosen yang profesional di Unima.

Rektor Unima menerima aksi demonstrasi mahasiswa

Rektor pun menerima dan mendengarkan langsung aspirasi para pendemo serta berjanji akan menindaklanjutinya.

“Terkait transparansi UKT saya kira sangat jelas karena sudah diatur sesuai peraturan yang berlaku. Menyangkut Pungli yang dilaporkan mahasiswa, saya berjanji akan menelusuri tentu diikuti dengan bukti-bukti akurat,” kata Katuuk.

Lanjutnya, jika kedapatan ada oknum yang melakukan tindakan-tindakan Pungli, maka dirinya akan menindak tegas sembari berjanji akan mengeluarkan surat edaran Pungli di lingkup Unima.

Latest from Same Tags