21 April 2024

Pandemi Covid-19 Pengaruhi Sejumlah Aspek di Tomohon

1 min read
Rakor EFRA Tomohon
Rakor EFRA Tomohon

KANALMETRO, TOMOHON – Terjadinya pandemi Covid-19, ternyata memberikan pengaruh terhadap sejumlah aspek di Kota Tomohon seperti Kemanusiaan, Sosial, Keamanan dan Politik.

Sehingga perlu adanya beberapa strategi didalam penanganan Covid-19 ini.

“Kondisi terkini Covid-19 masih terus bertambah, akan tetapi secara perlahan dunia usaha semakin membaik, aktivitas sosial dan konsumsi masyarakat juga membaik meski masih terbatas,” kata Penjabat Sekdakot Tomohon Jemmy Ringkuangan dalam Rakor Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) APBD Tomohon periode Januari – Mei 2021, Selasa (15/6/2021).

Sehingga menurutnya, hal ini menunjukan pengaruh positif dalam perkembangan global. Itupun terlihat dalam pertumbuhan ekonomi nasional triwulan I tahun 2021 yang masih terkontraksi sebesar minus 0,74 persen.

Oleh karena itu ditambahkan Ringkuangan, Pemkot perlu membuat strategi penyerapan APBD dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Tomohon. Karena menurutnya APBD merupakan rencana keuangan tahunan pemerintah daerah.

Caranya adalah membantu pemerintah dalam mencapai tujuan fiskal, meningkatkan pengaturan di lingkungan pemerintahan daerah, menciptakan efisiensi penyediaan barang dan jasa serta menciptakan prioritas belanja.

Latest from Same Tags