18 April 2024

Bawaslu Sulut Dukung Inisiatif Warga Kampung Pengawasan di Minsel

3 mins read
Kampung Pengawasan Bawaslu Sulut
Kejuaraan bola voli dan penghijauan di Desa Tewasen Minsel sebagai Kampung Pengawsan Bawaslu Sulut (foto panitia)

KANALMETRO, SULUT – Upaya inisiatif dari Kampung Pengawasan, Desa Tewasan, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mendapat dukungan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut.

Dimana salah satu upaya inisiatif dari Desa Tewasan yang merupakan salah satu Kampung Pengawasan dari Bawaslu Sulut di Kabupaten Minsel adalah melakukan sejumlah kegiatan.

Diantaranya melakukan kejuaraan bola voli antar Desa serta gerakan penghijauan 2 ribu pohon yang juga merupakan langkah awal dalam pengawasan partisipatif Pemilu dan Pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Sulut, Kenly Poluan mengatakan jika apa yang dilakukan Komunitas Genesis Pataneyan sebagai pemrakarsa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pengawasan partisipatif bersama komunitas warga sejak Pemilu 2019 serta Pilkada 2022.

Dikatakannya juga bahwa pihaknya terus mengupayakan adanya tindak lanjut dari kampung pengawasan melalui aktivitas yang menyentuh kebutuhan substansial warga desa.

Karena dengan begitu sosialisasi Pengawasan pemilu di desa dapat tepat dan hasil guna. Dan itu merupakan salah satu cara Bawaslu Sulut dalam menggaungkan pengawasan partisipatif.

Oleh karena itu Poluan mengatakan jika pihaknya sangat merespon inisitaif Komunitas Genesis Pataneyan dan Pemerintah Desa Tewasen dalam menggelar kedua kegiatan tersebut.

Dimana menurutnya hal itu sebagai bentuk tindak lanjut program kampung pengawasan di Desa Tewasen yang dicanangkan pihaknua pada 19 November 2020.

“Apresiasi sangat besar karena kegiatan ini merupakan inisiatif sendiri mereka, termasuk dalam pembiayaan dilakukan secara mandiri. Kiranya ini bisa menjadi contoh bagi seluruh Kampung Pengawasan di Sulut,” tambah mantan Ketua Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ini.

Ketua Komunitas Genesis Pataneyan, Jeky Agonta menambahkan bahwa hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya agar Pemilu serta demokrasi dapat membuat masyarakat lebih rasional dan sejahtera.

Angota menjelaskan mengapa memilih melaksanakan kedua kegiatan itu karena melihat kebutuhan masyarakat dan tantangan mendasar dari Pemilu serta demokrasi di Sulut.

Karena banyak program yang ditawarkan ketika Pemilu maupun Pilkada belum menyentuh kebutuhan masyarakat desa seperti kebutuhan air bersih. Sementara saat berkompetisi para Caleg maupun Kepala Daerah sering melupakan sportifitas, kejujuran dan keadilan sesuai dalam konstitusi.

Sehingga diharapkan dalam Pemilu serta Pilkada 2024 dapat berlangsung sesuai amanat konstitusi, jujur dan adil. Dan secara substansial dapat menjawab kebutuhan mendasar dari masyarakat, desa.

“Kegiatan ini akan berlangsung 23 Juli hingga 17 Agustus 2022 yang akan diawali dengan penghijauan. Tentunya dilaksanakan juga untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Peserta bola voli dari Kelurahan / Desa se Sulut,” tambahnya.

Sekedar diketahui Komunitas Genesis Pataneyan adalah sebuah komunitas warga di Desa Tewasen. Komunitas ini telah banyak melakukan kegiatan sosial yang bertujuan untuk mengembangkan potensi warga Desa. Sehingga kesejahteraan sosial warga desa dapat terus meningkat.

Latest from Same Tags