29 March 2024

Tomohon Inovasi Ekraf Expo Promosikan Produk Lokal Bernilai Ekonomis, Komersil dan Inovatif

2 mins read
Tomohon Inovasi Ekraf Expo
Pengunjung dari Jepang tertarik akan salah satu produk lokal dalam Tomohon Inovasi Ekraf Expo, Jumat (26/5/2023). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Jumat (26/5/2023), dalam rangkaian grand opening Michi No Eki Pakewa digelar Tomohon Inovasi Ekraf Expo tahun 2023.

Tomohon Inovasi Ekraf Expo 2023 dilaksanakan sebagai tempat promosi kreatifitas para pelaku industri wisata yang bernilai ekonomis, komersil dan inovatif menuju persaingan pasar global.

“Pemerintah telah menginisiasi iven ini dengan harapan agar dapat memfasilitasi, mengakomodir kebutuhan para pelaku ekonomi kreatif dalam memperkenalkan karya inovasi terbaiknya dan bahkan meningkatkan level UMKM,” kata Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk.

Dia mengatakan juga jika hal itu guna mewujudkan Tomohon kota wisata dunia. Karena hal itu sebagai salah satu visi misi dari Dia bersama Wakil Wali Kota, Wenny Lumentut.

“Tentu ini adalah sebuah visi besar yang sejatinya harus dibarengi dengan kerja keras dan ikhtiar maksimal dari pemerintah maupun seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk merealisasikan pariwisata hebat. termasuk dibarengi dengan ekonomi kreatifnya,” kata Caroll Senduk.

Selanjutnya, salah satu isu strategis dalam peningkatan nilai tambah ekonomi melalui kapitalisasi ide kreatif dan optimalisasi berbagai sumber daya adalah ekonomi kreatif sebagai konsep ekonomi baru berbasis inovasi kreatif dan kekayaan intelektual.

Kepala Dinas Pariwisata Tomohon, Yudhistira Siwu meyakini Ekraf dan pariwisata bagaikan dua sisi mata uang, sehingga tidak bisa terpisahkan. Sehingga perlu ada wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif sehingga bisa lebih berkembang dan siap menghadapi TIFF tahun ini.

Kegiatan itu dihadiri Senior Representative JICA Indonesia Office, Okamura Kenji, Project Manager Minamiboso Jepang, Fumio Kato, Direktur Michi No Eki Pakewa,  Vonny Pangemanan perwakilan Forkopimda serta jajaran Pemkot Tomohon maupun undangan lainnya.

Latest from Same Tags