29 May 2024

Albertine Pijoh Wanita Pertama Ketua KPU Kota Tomohon

3 mins read
KPU Tomohon
Para komisioner KPU Tomohon usai pelantikan, Rabu (28/6/2023). (foto: kpu tomohon

KANALMETRO, TOMOHON – Para Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon periode 2023-2028 resmi dilantik pada Rabu (28/6/2023) bertempat di kantor KPU RI. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji tersebut dipimpin langsung Ketua KPU RI Hasyim Asyari didampingi para komisioner KPU RI. Selepas pelantikan dan pengambilan sumpah dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas.

Untuk komposisi Komisioner KPU Tomohon Periode 2023-2028, menurut informasi telah dilakukan pleno penetuan posisi pucuk pimpinan, dimana Albertine Vierna Pijoh didaulat sebagai ketua KPU wanita pertama di Kota Tomohon.

Dengan komposisi Ketua KPU Tomohon dijabat Albertine Pijoh yang juga sebagai ex officio Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Youne Simangunsong menjadi ketua divisi Hukum dan pengawasan, Deisy Soputan ketua divisi Teknis Penyelenggara, Arinny Poli ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi dan Rojer Datu sebagai ketua divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Usai Pelantikan, Ketua KPU Tomohon Albertine Pijoh menyampaikan puji syukur atas pemyertaan Tuhan juga mengapresiasi akan kepercayaan yang diberikan untuj bisa kembali menjalankan tugas sebagai Komisioner KPU Tomohon.

“Terimakasih untuk kepercayaan semua teman komisioner sehingga dalam pleno tadi secara aklamaai sudah percayakan saya sebagai ketua KPU Tomohon. Secara kolektif kolegial kita besama bertekad penuh tanggung jawab melaksanakan semua tugas Pemilu di kota Tomohon.  Menjadi wanita prtama menjadi ketua KPU di Tomohon  tentu bangga dan akan buktikan bahwa perempuan juga sama dengan pria dalam memimpin lembaga yang dipecayakan sebagai pemyelenggara saluaran demokrasi di NKRI.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari saat memberikan sambutan dalam pelantikan menitipkan sejumlah pesan bagi para anggota KPU kabupaten/kota yang barunsaja dilantik.

“Yang pertama, saudara sekalian dilantik di tengah-tengah pelaksanaan penyelenggaraan pemilu 2024, setidaknya tahapan yang telah dilaksanakan. Saat ini partai politik dan bakal calon legislatif sedang melakukan perbaikan dokumen persyaratan, disini menggambarkan saudara sekalian masuk menjadi anggota KPU terlebih yang baru maupun yang masuk dalam periode kedua saudara sekalian masuk di tengah pelaksanaan pemilu. Untuk itu kami berharap agar segera melakukan penyesuaian dan irama kerja, pembagian waktu sehari-hari, untuk menyesuaikam dengan ritme kerja tahapan pemilu. Antara lain hari dalam tahapn pemilu adalah hari kalender, oleh karena itu siap siaga 24 jam, segera lakukan penyesuaian sehingga amanah yang telah diberikan ini dipenuhi bersama,” terang Asyari.

Yang kedua dirinya meminta agar melakukan refreshing atau penyegaran, membaca ulang peraturan perundang-undangan, terutama undang-undang pemilu, peraturan KPU, peraturan Bawaslu, peraturan DKPP dan juga undang-undang lain yang juga berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu.

“Dari sanalah kita berpegangan dalam menjalankan tugas, agar bisa menjadi lebih ringan, tanpa beban karena ada tarikan-tarikan kepentingan, karena kita berpedoman pada aturan yang berlaku,” lanjutnya.

Dan terkahir Asyari berharap agar segera membangun silaturohim dengan pemangku kepentingan, Forkopimda, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, jurnalis dan stakeholder untuk bekerja sama suksesnya penyelenggaraan pemilu di daerah masing-masing. “Dan hal penting yang saya ingatkan KPU merupakan pemimpin kepemiluan sesuai tingkatan, dan pemimpin yang efektif yaitu kepemimpinan dengan keteladanan,” tukasnya.

Latest from Same Tags