25 July 2024

//

488 Pemilih Urus Pindah Lokasi Memilih Luar Tomohon, 745 Masuk

1 min read
Ilustrasi Kotak Suara Pemilu
Sejumlah pemilih memilih untuk menyalurkan hak suaranya di luar Tomohon, namun ada pula yang masuk. Foto ilustrasi kotak suara Pemilu (Pixabay)

KANALMETRO, TOMOHON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon mencatat setidaknya ada 488 pemilih telah mengajukan pindah lokasi untuk memilih saat pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

488 jumlah pemilih yang mengurus pindah itu, yakni lebih memilih untuk menyalurkan hak demokrasinya saat Pemilu di luar Kota Tomohon. Namun ada 745 pemilih yang mengajukan untuk memilih di Tomohon. Hal tersebut merupakan data di KPU Tomohon per Selasa 16 Januari 2024 pukul 10.00 Wita.

“Pindah memilih diatur sesuai dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7 tahun 2022, yang kemudian mengalami perubahan dengan PKPU nomor 7 tahun 2023,” kata Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Tomohon, Arinny Poli, Rabu 17 Januari 2024.

Dia menjelaskan, setiap pemilih bisa mengajuka pindah memilih tapi harus sesuai dengan syarat yang telah diatur. Seperti menjalankan tugas di tempat lain, rawat inap di fasilitas kesehatan, serta keluarga yang mendampingi, hingga situasi tertentu seperti bekerja di luar domisili atau tertimpa bencana alam.

“KPU akan menempel Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan transparansi dan kepatuhan pada aturan,” tambah Dia.

Selain itu Dia menjelaskan bahwa KPU memberikan batas waktu hingga 7 Februari 2024 bagi warga yang ingin mengurus pindah memilih dengan alasan bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap, tertimpa bencana, atau menjalani tahanan rutan.

Reporter: Wailan Montong

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags