14 July 2024

Bawaslu Tomohon Gelar Kegiatan Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024

2 mins read
Pemaparan materi oleh para narasumber dalam kegiatan Bawaslu Tomohon, Selasa (13/2/2024). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon menggelar kegiatan publikasi dan dokumentasi pengawasan masa tenang Pemilu 2024, yang dilaksanakan di Grand Master Resort, Selasa 13 Februari 2024.

Menurut Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tomohon, Youne Simangunsong, dalam sambutannya sebagai narasumber, ia menyebutkan bahwa pemberitaan media menjadi landasan bagi penyelenggara dan pengawas pemilu untuk memahami situasi lapangan, terutama terkait hal-hal yang tidak diperbolehkan selama masa tenang, seperti politik uang.

“Peran media sangat penting dalam mendukung transparansi dan integritas Pemilu. Dengan adanya pengawasan yang ketat dan peran media yang aktif, masa tenang ini diharapkan akan berjalan dengan aman dan nyaman, menjaga integritas dan keberlangsungan proses demokrasi di Kota Tomohon,” ujar Simangunsong.

Ketua Divisi Data dan SDM KPU Tomohon, Arinny Poli, juga menegaskan bahwa selain Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) juga akan dipajang di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Poli juga mengingatkan para pemilih potensial yang akan genap berusia 17 tahun pada 14 Februari untuk segera melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

“Pemilih potensial di Tomohon mencapai 1.515 orang, namun yang belum merekam e-KTP sebanyak 438 orang. Kami mengimbau para pemilih yang belum merekam e-KTP untuk segera melakukannya sesuai persyaratan yang berlaku,” tuturnya.

Kadiv Hukum Pencegahan Pengawasan dan Humas Bawaslu Tomohon, Handi Tumiwuda, juga menyampaikan bahwa Bawaslu sedang memproses sejumlah temuan dugaan pelanggaran yang terjadi selama masa tenang Pemilu.

“Beberapa dugaan pelanggaran telah kami temukan dan masih dalam proses penanganan. Tim kami langsung turun tangan untuk melakukan pengembangan terhadap temuan tersebut,” jelas Tumiwuda.

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags