18 July 2024

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tuntas, KPU Tomohon: Tunggu Keputusan Hasil

2 mins read
Rekapitulasi suara kpu tomohon
Para komisioner KPU Tomohon dalam rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024, Senin (26/2/2024). KM-Wailan

KANALMETRO, TOMOHON – Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon soal rekapitulasi suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tuntas dilaksanakan, Senin 26 Februari 2024.

Ketua KPU Tomohon, Albertien V Pijoh menuturkan rapat pleno ini sebagai proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 berdasarkan data dari seluruh Kecamatan.

Sesudah itu dilanjutkan dengan finalisasi perolehan perhitungan suara tingkat kota lalu pencermatan bersama. Dan hasil dari kecamatan disesuaikan dengan SiRekap. 

“Nantinya kami akan menetapkanĀ  hasil rekap itu dengan keputusan KPU Tomohon sehingga masyarakat agar sabar menanti menunggu. Supaya nantinya tidak berspekulasi soal perolehan suara,” jelas Dia.

Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara, Meidy Tinangon ketika melakukan supervisi  mengapresiasi KPU Tomohon yang telah menyelesaikan tahapan pleno tersebut.

Apalagi menurut Dia, dari hasil monitoring semua berjalan lancar. Jika adanya dinamika, itu merupakan proses yang wajar. 

“Selamat untuk KPU Tomohon, terima kasih kepada para penyelenggara mulai PPK, PPS hingga KPPS. Sesudah tahapan ini, tinggal menanti tahapan pleno tingkat provinsi,” kata Meidy Tinangon.

Apresiasi juga disampaikan pimpinan Bawaslu Sulut yang juga Koordinator wilayah Tomohon, Steffen Linu. Karena menurut Dia, dari hasil monitoring ini berjalan lancar dan bisa merupakan yang tercepat di Sulut.

Sementara itu terpantau sejak hari pertama rapat pleno, Sabtu 24 Februari 2024 di Grand Master Hotel. Aparat keamanan dari TNI dan Polri menjaga ketat setiap proses yang berjalan.

Saksi dari sejumlah Partai Politik pun ikut hadir dalam pelaksanaan rapat pleno sejak hari pertama hingga terakhir.

Dihari terakhir nampak hadir Kapolres Tomohon, AKBP Lerry Tuutu SIK. Kordinator Wilayah BIN di Kota Tomohon, Ahmad Firgaus.

Editor: Roni Sepang

Latest from Same Tags