13 July 2024

/

Bawaslu Sulut Cek Kesiapan Jajaran Awasi Tahapan Coklit Data Pemilih Lewat Apel Siaga

2 mins read
Apel siaga pengawasan tahapan Coklit data pemilih dipimpin langsung Ketua Bawaslu, Selasa (25/6/2024). KM-FMT

KANALMETRO, SULUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar apel siaga pengawasan terhadap tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024, Selasa 25 Juni 2024.

Apel siaga pengawasan yang dilaksanakan via zoom meeting itu dipimpin langsung Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh.

“Apel ini dilaksanakan guna memastikan kesiapan jajaran untuk melakukan pengawasan atas tahapan Coklit. Apalagi ini merupakan tahapan penting dan krusial,” kata Dia.

Selain itu Ardiles Mewoh meminta kepada jajaran ketika melakukan pengawasan untuk menggunakan identitas lembaga. Serta meminta kepada seluruh Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) agar memastikan semua proses berjalan dengan lancar. Salah satunya memastikan Pantarlih datang langsung ke rumah pemilih untuk Coklit.

Sedangkan Steffen Linu selaku Koodiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas meminta agar dapat memastikan dalam proses Coklit tidak ada yang dibedakan saat pelayanan. Melainkan semua harus sama tanpa ada perbedaan.

Dia juga mengingatkan kepada jajaran agar tidak lupa membuat laporan ketika usai melakukan pengawasan serta dilaporkan secara berjenjang. Karena Bawaslu Sulut akan mengecek semua laporan hasil pengawasan setiap harinya.

Koordiv Penanganan Pelanggaran, Data n Informasi, Zulkifli Densi menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan pengecekan dan pendampingan di lapangan.

“PKD merupakan ujung tombak dari Bawaslu dalam pengawasan Coklit, dan data ini akan berpengaruh pada tahapan Pungut Hitung,” kata Dia.

Oleh karena itu diharapkan agar PKD memastikan semua warga yang memenuhi syarat dan wajib masuk daftar pemilih dilakukan Coklit. Diingatkan pula soal LHP karena itu akan jadi dasar jika ada dugaan pelanggaran.

Sementara itu Koordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Donny Rumagit meminta kepada jajaram agar terus meningkatkan kapasitas. Terlebih mengenai setiap regulasi terkait dan yang terbaru.

“Awasi secara ketat agar bisa menghasilkan data yang akurat. Ajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan Pilkada,” pungkas Dia.

Sedangkan Aldrin Christian selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut menegaskan jika jajarannya siap memberikan dukungan administratif terhadap proses pengawasan tahapan tersebut.

Apel tersebut diikuti oleh seluruh Bawaslu Kabupaten /Kota, Pengawasan Pemilu Kecamatan serta PKD se Sulut***

Reporter/Editor: Fransiskus Talokon

Latest from Same Tags