19 April 2024

Kasus Menurun, Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Sulut Meningkat

2 mins read
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

KANALMETRO, SULUT – Angka Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai terjadi perubahan drastis, dimana untuk jumlah kasus terus menurun sedangkan pasien yang sembuh meningkat.

Hal itu terlihat dari data terbaru dari Kementerian Kesehatan, Senin (19/7/2021) yang diupdate pukul 12.00 Wib oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia.

Untuk jumlah kasus kali ini sebanyak 70.

Sehingga untuk akumulasi keseluruhan data kasus yang terjadi di Sulut adalah 19.790 sejak virus tersebut melanda wilayah ini.

Meski jumlah itu naik dari data sehari sebelumnya 19.720, namun ada penurunan dari sisi angka dibanding beberapa hari terakhir.

Sedangkan jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di Sulut kali ini sebanyak 193 orang.  

Sehingga total kesembuhan di Sulut kini yakni mencapai 16.150 orang,  atau naik dibandingkan dengan data sehari sebelumnya 15.957.

Jumlah kenaikan pasien sembuh kali ini terbilang cukup drastis, karena belakangan tidak demikian.

Sementara untuk pasien yang meninggal dunia di Sulut karena Covid-19 kali ini ada Dua orang.

Sehingga angka keseluruhan kasus meninggal dunia karena virus itu di Sulut saat ini tercatat sebanyak 609 orang, atau naik dari data sehari sebelumnya 607.

Bahkan dengan angka – angka tersebut, Sulut turun ke peringkat 31 dari 34 Provinsi di Indonesia terkait jumlah kasus.

Karena sebelumnya Sulut berada pada peringkat 22.

Sedangkan untuk angka Covid-19 di Indonesia saat ini, jumlah kasusnya sebanyak 2.911.733 dengan kesembuhan 2.293.875 dan yang dinyatakan meninggal dunia yakni 74.920 orang

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia Prof Wiku Adisasmito menghimbau warga untuk dapat tetap terus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 ketika beraktivitas dimana pun berada.

Karena hal itu merupakan salah satu upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Caranya dengan menerapkan program 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pada air yang mengalir, mengurangi moblitas serta menjauhi kerumunan.

Dirinya juga menghimbau agar dapat menggunakan masker sebanyak dua lapis, terlebih ketika menjalankan aktivitas di luar rumah seperti di tempat kerja, berkedaraan serta lainnya.

Latest from Same Tags