20 May 2024

Sambut Hari Adhyaksa ke 63, Kejari Sangihe Gelar Workshop UMKM

2 mins read
Adhyaksa Sangihe Expo 2023
Sejumlah stand dalam Adhyaksa Sangihe Expo 2023, Rabu (12/7/2023). KM-Zulfais

KANALMETRO, SANGIHE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangihe melaksanakan Workshop Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), Rabu (12/7/2023).

Workshop UMKM itu dilaksanakan Kejari Sangihe dalam rangka menyambut Hari Adhyaksa ke 63, tahun 2023. Workshop itupun sebagai bagian dari Adhyaksa Sangihe Expo 2023.

Dimana dalam kegiatan itu, salah hal yang dilaksanakan adalah memfasilitasi pelaku usaha mendapatkan perizinan.

Kepala Kejari Sangihe, Eri Yudianto SH MH menjelaskan hal itu sebagai kepedulian pihaknya dalam kemudahan bagi masyarakat mendapatkan peluang dalam peningkatan produk usaha.

Workshop ini dimulai dari pengurusan izin usaha proses produksi, cara pemasaran termasuk kemasan dan label Halal menjadi suatu keharusan dari setiap usaha yang digeluti masyarakat.

Sehingga menurut Dia, tujuan dari Workshop itu agar para pelaku usaha didorong untuk melakukan pengurusan izin secara terintegrasi. Baik pengurusan NPWP, Dinas Kesehatan untuk izin berusahanya selanjutnya BPOM agar kualitas makanan sehat yang diproduksi.

“Nanti dari Unsrat akan ada penerbitan sertifikat halal, termasuk materi pengemasan produk makanan agar menarik,” tambah Dia.

Kesempatan itu juga dihadirkan pemateri dari sejumlah instansi berkompeten. Sehingga kiranya para pelaku UMKM di Sangihe dapat terwadahi terutama dalam kepentingan peningkatan produksi mendukung kegiatan usaha.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan ketika membuka Adhyaksa Sangihe Expo 2023 di pusat Kota Tahuna mengatakan kehadiran 23 UMKM dari luar daerah menjadi penyemangat bagi pelaku UMKM setempat.

Tamuntuan berharap, kegiatan ini juga menjadi semangat bagi seluruh masyarakat melalui inovasi kreasi setiap peluang untuk memajukan berbagai potensi di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Saya melihat ada beberapa perkembangan pergerakan UMKM yang bersedia terlibat dalam Adhiyaksa Sangihe Ekspo 2023. Disamping itu, pelaku UMKM juga diberi ruang untuk mendapakan berbagai informasi dan fasilitasi tentang pengurusan ijin usaha,” pungkasnya.

Latest from Same Tags